Jumat, 04 November 2016

Serai, Si Ramping yang Serbaguna

Selamat bersua kembali dengan info-info kesehatan bersama Bisnis 4Life Transfer Factor. Kali ini kita akan memuat artikel mengenai Serai, Si Ramping yang Serbaguna, silakan disimak:

Serai (Cymbopogon nardus) sering dijadikan penyedap rasa makanan dan minuman. Biasanya minuman-minuman herbal sering menggunakan serai sebagai tambahannya. Serai memiliki aroma khas yang wangi. Bentuknya ramping seperti rumput sehingga sering disamakan dengan alang-alang. Padahal, peran dari alang-alang dan serai sangat berbeda.
Morfologi Serai
Panjang batangnya kira-kira 50-100cm. Batangnya tidak berkambium, warnanya putih semburat kehijauan, teksturnya kaku, dan memiliki ruas-ruas yang pendek. Ciri-ciri ini kebanyakan dimiliki oleh tanaman dari suku rumput-rumputan (poaceae). Daunnya berjumbai di bagian bawah dengan tulang daun sejajar. Tanaman serai sangat jarang menghasilkan bunga, apalagi buah.


Perkembangbiakan Serai
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tanaman serai sangat jarang menghasilkan bunga, apalagi buah. Sehingga perkembangbiakannya melalui akar rimpang yang pendek-pendek. Ia hidup membentuk rumpun dan tumpang sari dengan tanaman lain, seperti pepaya.

Baca selengkapnya di Serai, Si Ramping yang Serbaguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar