Selasa, 29 Maret 2016

Perbedaan Gel, Krim (Cream) dan Salep (ointment)

Selamat bersua kembali dengan info-info kesehatan bersama Bisnis 4Life Transfer Factor. Kali ini kita akan memuat artikel mengenai Perbedaan Gel, Krim (Cream) dan Salep (ointment), silakan disimak:

Sering kali kita tidak benar-benar memperhatikan obat oles yang kita beli dan gunakan. Obat yang dioleskan pada luka atau pada sekitar luka kita, merupakan obat yang memiliki basis berbeda-beda. Basis adalah bahan dasar, sedangkan obatnya merupakan zat aktif yang memiliki manfaat atau khasiat.



Ada 2 jenis basis yang digunakan pada sediaan obat, yaitu washable (dapat dicuci dengan air) dan non-washable (tidak dapat dicuci dengan air). Basis washable merupakan basis pada gel dan krim, sedangkan basis non-washable merupakan basis pada salep.

Basis pada Gel merupakan basis yang sangat mudah tercuci dengan air. Umumnya gel berwarna bening transparan, meskipun ditambahkan pewarna tetap terlihat transparan. Obat basis gel ini biasanya sangat cepat terserap dan agak lengket di kulit. Contoh obat dari gel ini seperti pada obat memar.

Basis pada Krim merupakan basis yang tidak dapat bertahan terhadap pencucian menggunakan air, karena sifatnya yang larut air. Sehingga pemakaian

Baca selengkapnya di Perbedaan Gel, Krim (Cream) dan Salep (ointment)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar